Posted by : emeeels Tuesday 5 November 2013

amelianews.blogspot.com
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh- Guys kalian pasti pernah denger dong tentang sayuran yang namanya wortel ? Guys wortel itu merupakan sayuran yang dikenal karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Memiliki nama ilmiah Daucus carota, wortel masih bersaudara dengan Seledri dan tanaman Adas. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih. Sayuran berwarna jingga ini biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Makanan yang seringkali terdapat wortel di dalamnya adalah acar, salad, sup dan lumpia. Beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa wortel memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Wortel yang kaya betakaroten serta vitmain C yang cukup tinggi membuatnya memiliki sifat antioksidan tinggi. Wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan, fosfor, kromium, zat besi, seng, serta tentu saja serat.

Ini adalah kandungan gizi dalam 100 gram wortel:

* Energi 42 kal
* Protein 1,2 g
* Lemak 0,3
* Karbohidrat 9,3 g
* Serat 0,9 g
* Kalsium 39 mg
* Fosfor 37 mg
* Zat Besi 0,8 mg
* Vitamin A 12.000 IU
* Vitamin B1 0,06 mg
* Citamin C 6 mg
* Air 88,2 g

Dan berikut beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh:

1. Kesehatan Mata

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

3. Anti Kanker

Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.

4. Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

5. Menyehatkan Kulit

Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang semula kering dan mengeras secara perlahan akan tampak sehat dan cemerlang.

6. Daya Tahan Tubuh

Kandungan dalam wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus.

7. Mencegah Diabetes

Wortel mengandung zat karotenoit yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Zat karotenoit juga dapat mempengaruhi produksi insulin sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

8. Mencegah Penyakit Stroke

Penelitian dari Harvard University menunjukkan bahwa kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam wortel ternyata dapat menurunkan resiko seseorang terserang stroke. Hal ini disebabkan karena zat betakaroten memiliki fungsi untuk mencegah penggumpalan kolesterol dalam pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan kemungkinan terserang stroke menjadi semakin kecil.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Mengunyah wortel segar dapat menjadi pembersih alami bagi bagi mulut anda. Hal tersebut dikarenakan mengunyah wortel dapat membersihkan sisa makanan yang masih tersisa di sela-sela gigi anda. Selain itu, wortel juga mempunyai sifat antiseptik yang dapat membunuh kuman sehingga mulut akan terhindar dari berbagai kerusakan serta bau mulut.

10. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan Betakaroten serta Vitamin A yang tinggi dalam wortel membuatnya berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Sifat antioksidan ini membuat wortel berfungsi sebagai penangkal berbagai radikal bebas seperti polusi yang dapat mempercepat efek penuaan dini pada kulit. Antioksidan dalam wortel juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

11. Membuat Awet Muda

Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.

12. Mencegah Penyakit Jantung

karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunan kolesterol, maka wortel juga dapat mencegah penyakit jantung.

Semoga manfaat wortel untuk kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya guys.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

Translate

Categories

- Copyright © Berita Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -