Posted by : emeeels Thursday, 7 November 2013

amelianews.blogspot.com
Manfaat Khusus Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh- Guys kalian pasti pernah mendengar sayuran yang bernama brokoli dong ? Brokoli itu sayuran yang berwarna hijau segar dan amat disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan renyah. Dan kali ini saya akan membahas Manfaat Khusus Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh. Brokoli mempunyai nama latin Brassica oleracea, merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia, namun berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah ada sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Tanaman brokoli masuk ke Indonesia baru sekitar tahun 1970-an, namun sayuran ini kini cukup populer sebagai bahan pangan. Dari tanaman brokoli yang dimakan adalah kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun kalau brokoli berwarna hijau, sementara kembang kol berwarna putih. Dan cara Terbaik untuk memasak serta Mengonsumsi brokoli sebagai bahan makanan seperti brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau bisa juga dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Tujuannya adalah agar segala vitamin dan nutrisi penting yang ada di dalam brokoli tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan membuat sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya jadi hilang. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya jangan merebus brokoli terlalu lama, cukup dengan direbus sekitar 5 menit saja. Jangan lebih. Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi brokoli sedikitnya dua kali dalam sepekan. Cukup dua kuntum brokoli, masak sebentar atau bisa juga dikonsumsi mentah sebagai bagian dari porsi sayuran.

Berikut adalah kandungan Gizi pada brokoli: Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Brokoli merupakan sayuran dengan kalori yang rendah, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan rendah sodium dan tidak mengandung kolesterol. Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh. dalam blog informasitips.com, nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli (semangkun brokoli rebus) yaitu Kalori 43.68 kal, Protein 4.66 g, Asam Lemak Omega-3 0.20 g, Karbohidrat 8.19 g, Lemak 0.55 g, Kalsium 74.72 mg, Potassium (Kalium) 505.44 mg, Fosfor 102.80 mg, Besi 1.37 mg, Zinc (Zn) 0.62 mg, Magnesium 39.00 mg, Vitamin A 228.07 RE, Vitamin B1 (Thiamin) 0.09 mg, Vitamin B (Riboflavin) 0.18 mg, Vitamin B6 (pyrodoxin) 0.22 mg, Vitamin B3 (Niasin) 0.94 mg, Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0.79 mg, Vitamin B9 (Folat) 93.91 mcg, Vitamin C 123.40 mg, Vitamin E 0.75 mg, Vitamin K 155.20 mg, Serat 4.68 g, Mangan 0.34 mg, dan Triptofan 0.05 g.

Dan inilah Manfaat Khusus Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Melawan Radikal Bebas

Di dalam sayur brokoli mengandung vitamin C yang sangat tinggi sekali,vitamin C sendiri sangat diperlukan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas setiap harinya. Vitamin C yang terkandung di dalam brokoli merupakan antioksidan yang sangat kuat sekali dalam melawan radikal bebas, selain itu vitamin C juga dapat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan tubuh dari flu yang datang menyerang tubuh manusia.

2. Menjaga sistem saraf

Brokoli mengandung kalium yang tinggi, yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mendorong perkembangan otot.

3. Cegah osteoporosis

Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Mengontrol tekanan darah

Brokoli dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah. Selain itu, kandungan potasiumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga sistem saraf dan fungsi otak yang sehat.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Brokoli adalah gudang vitamin. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di Brokoli, yang sangat diperlukan untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bahkan vitamin E yang teradapat pada brokoli turut mempercepat perkembangan regenerasi jaringan kulit yang telah mati.

7. Mencegah Alzheimer

Brokoli mengandung banyak mineral dan vitamin, dan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga brokoli digunakan untuk mencegah dan merawat penderita alzheimer (pikun). Mengonsumsi brokoli dalam jangka panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusat.

8. Mencegah sembelit

Menyediakan brokoli secara teratur dalam makanan anak sehari-hari bisa membantu memperlancar pup anak sebab mengandung serat tinggi. Brokoli juga membuat anak terhindar dari gangguan pencernaan.

9. Pencehgah kanker

Kandungan indole-3-carbinol, isothiocyanate dan fitokimia dalam brokoli efektif dalam pencegahan penyakit kanker seperti kanker payudara, usus besar, kandung kemih dan ovarium.

10. Anti depresi

Brokoli mengandung folat dan vitamin B yang dipercaya dapat meningkatkan suasan hati dan juga anti depresi.

11. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan vitamin B6 serta folat berfungsi melindungi tubuh dari penyakit stroke dan jantung.

12. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi sangat bermanfaat dalam membantu proses diet.

13. Kesehatan mata

Brokoli mengandung vitamin A dan lutein yang berguna untuk kesehatan mata.

14. Mencegah penyakit jantung

Glucoraphanin dalam brokoli dapat mencegah penyakit jantung.

15. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan asam folat dalam brokoli bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi.

16. Membantu kesehatan bayi

Menjaga kesehatan bayi dalam kandungan, kandungan folat dalam brokoli dapat membantu mencegah terjadinya cacat saraf seperti spina bifida di dalam janin.

17. Membantu mengontrol diabetes

Kandungan kromium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

18. Meningkatkan imunitas

Brokoli mendorong peningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan kehadiran vitamin c, beta-karoten, selenium, seng, fosfor dan tembaga.

Semoga artikel saya kali ini tentang Manfaat Khusus Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh dapan bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Powered by Blogger.

Google+ Followers

Translate

Categories

- Copyright © Berita Kita -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -